Antara Sulli f(x) dan Hatsune Miku

    Baru beberapa pekan yang lalu saya merenungi sebuah channel video Youtube tentang Hatsune Miku. Saya bolak balik menonton Is Hatsune Miku a Better Pop Star than Justin Bieber? Dalam video tersebut, Chris Plante menceritakan bahkan interaksi seorang bintang dengan para fansnya bisa sangat positif, bisa sangat negatif. Plante mengisahkan tentang Bieber, seorang bintang …

Read more

Psikologi Gaul (1) : Memahami Remaja

  “Boleh pakai kutex?” “Kalau tattoo?” “Pacaran kan nggak papa kalau cuma jalan-jalan.” “Mau warnai rambut. Asal gak hitam gakpapa, kan?” “Aku main game kalau lagi bosen. Semua orang ngomel melulu. Yah, namanya bosen gimana!” “Males sekolah/ngampus. Dikejar-kejar melulu.” Itu sebagian dari keluhan remaja yang mampir ke agendaku. Ya, mereka yang dilahirkan tahun  2000an dan …

Read more

“Memaksa” Anak untuk Bersama

“Nanti bungkusin aja, Mi. Aku nggak ikut.” Anakku menolak untuk bergabung akhir pekan, ketika kami ajak makan diluar. Alasannya masuk akal. “Aku capek! Mau tidur aja. Lagian aku sudah sering keliling-keliling ke arah sana. ” Wajar sih. Waktu kecil, anak akan menguntit kemana saja ayah ibunya pergi. Tapi setelah remaja, mereka punya kelompok sendiri. Punya …

Read more